Sembilan Warga Negara Tiongkok Tertangkap dalam Operasi Gabungan Timpora di Wonogiri

  • 0

Sembilan Warga Negara Tiongkok Tertangkap dalam Operasi Gabungan Timpora di Wonogiri

Category : Uncategorized

Tertangkapnya 9 (Sembilan) warga negara Tiongkok dalam operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang terdiri dari Imigrasi, Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan Kesbangpol pada hari senin tanggal 20 nopember 2017 pkl. 10.00 WIB di daerah Bulusulur kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri berawal dari laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan mereka. Perilaku mereka tidak sesuai dengan adat istiadat penduduk setempat dan mengganggu ketertiban.

Kepala seksi pengawasan dan penindakan keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta Sigit Wahjuniarto menyampaikan bahwa mereka masuk ke Indonesia melalui tempat pemeriksaan imigrasi di Bandara Soekarno Hatta pada tanggal 03 nopember 2017 menggunakan visa kunjungan.

Akan tetapi mereka menyalahgunakan ijin kunjungan tersebut dengan melakukan kegiatan mengukur kelayakan lahan diantaranya struktur tanah, jenis bahan bangunan yang dipakai di Indonesia serta sistem pembuangan bagi proyek pembangunan 142 rumah yang difasilitasi oleh PT. Turonggo.

Dari hasil pemeriksaan terhadap kesembilan orang tersebut, patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menaati peraturan perundang-undangan dan menyalahgunakan ijin tinggal yang dimilikinya, dan yang bersangkutan dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian berupa Deportasi dan pencantuman namanya dalam daftar tangkal sesuai Pasal 75 ayat 1 dan 122 huruf a Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011.

Rencananya hari ini tanggal 21 Nopember 2017 mereka akan diterbangkan ke Jakarta kemudian ke Shanghai China dengan pesawat Garuda.


Leave a Reply