Ketentuan dan Tata Tertib pada saat Pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Udara.

  • 0

Ketentuan dan Tata Tertib pada saat Pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Udara.

Category : Uncategorized

Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang selanjutnya disingkat TPI adalah tempat pemeriksaan di pelabuhan laut, bandar udara, pos lintas batas atau tempat lain sebagai tempat masuk dan keluar wilayah Indonesia (Permenkumham No. 17 tahun 2016). Tugas dan fungsi keimigrasian di TPI yang telah diatur di dalam undang-undang menjadi aspek sentral dalam upaya pemerintah menegakkan kedaulatan negara. Salah satu fungsi keimigrasian di TPI adalah untuk menjamin bahwa setiap orang yang keluar masuk wilayah Indonesia, baik WNI atau WNA, memiliki dokumen perjalanan yang sah. Selain itu, otoritas imigrasi di TPI juga harus benar-benar memastikan bahwa semua orang yang melintas tidak dalam keadaan dilarang untuk masuk atau keluar wilayah Indonesia.

Oleh karena fungsinya yang sangat penting untuk keamanan negara, pemerintah telah banyak mengeluarkan berbagai peraturan tentang ketentuan dan tata cara pemeriksaan mmasuk dan keluar wilayah Indonesia melalui TPI. Salah satu referensi peraturan terbaru mengenai tata cara pemeriksaan di TPI termuat dalam Permenkumham No. 44 tahun 2015. Dalam peraturan menteri tersebut, telah dijabarkan berbagai ketentuan dan tata tertib selama pemeriksaan di TPI yang mungkin belum secara lengkap dipahami masyarakat umum.

Seperti yang disebutkan dalam pasal 33 Permenkumham tersebut, setiap warga negara indonesia yang masuk atau keluar wilayah indonesia harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku;
2. Tidak termasuk ke dalam daftar pencegahan;
3. Tercantum dalam daftar penumpang atau awak alat angkut kecuali bagi                       kendaraan pribadi dan kendaraan muatan barang.
Adapun di pasal 140 disebutkan bahwa setiap orang yang sedang menjalani pemeriksaan keimigrasian oleh petugas pemeriksa pada saat keluar atau masuk wilayah Indionesia wajib mematuhi tata tertib, yaitu:

1. Antri saat dilakukan pemeriksaan;
2. Dilarang mengambil gambar;
3. Dilarang menggunakan telepon genggam;
4. Dilarang menggunakan penutup kepala;
5. Dilarang menggunakan kaca mata hitam;
Apabila terjadi pelanggaran tata tertib sebagaimana yang disebutkan di atas, Pejabat Imigrasi dapat menolak orang asing yang bersangkutan masuk ke Indonesia.


Leave a Reply