Imigrasi Wajibkan Pelaporan WNA

  • 0

Imigrasi Wajibkan Pelaporan WNA

Category : Uncategorized

Rabu, (3/10) bertempat di Loji Hotel Surakarta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surakarta, mengadakan rapat koordinasi terkait pendaftaran penduduk orang asing (WNA). Rapat tersebut menghadirkan narasumber dari Disdukcapil yang diwakili oleh Sekretaris Disdukcapil Kota Surakarta dan Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta yang diwakili oleh Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian, Ibu Kurnia Dwi Nastiti,S.Psi.,M.M.

Suasana rapat koordinasi yang berlangsung di Loji Hotel, Rabu (3/1)

Rapat yang dihadiri oleh sekitar seratus peserta tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Disdukcapil memaparkan materi terkait kebijakan pendaftaran WNA di Surakarta sementara Imigrasi memaparkan mengenai pelaporan perubahan pada WNA. Disdukcapil mewajibkan pihak-pihak yang menerima WNA untuk aktif melaporkan keberadaan dan kegiatan WNA yang diterima. Selain itu, Disdukcapil juga akan mengeluarkan Surat Keterangan Tinggal Terbatas bagi pemegang Izin Tinggal Terbatas sebagai identitas diri yang harus ditunjukkan saat urusan kependudukan. Bagi pemegang Izin Tinggal Tetap, akan mendapatkan KTP khusus WNA yang berfungsi sama. Sementara itu, Imigrasi memaparkan kewajiban peran aktif bagi semua pihak yang berkaitan dengan aktivitas WNA untuk melaporkan sekecil apapun perubahan data WNA tersebut, misalnya perpindahan alamat tempat tinggal.

Pemaparan materi oleh Dinas Dukcapil Surakarta

Rapat berlangsung secara interaktif, terbukti dengan banyaknya hadirin yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Peserta yang hadir bervariasi mulai dari pihak perguruan tinggi, pemilik hotel, KUA, Kepolisian lingkup Kota Surakarta, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, serta beberapa perusahaan yang mempekerjakan WNA di kawasan kota Surakarta.

Sesi tanya jawab interaktif


Leave a Reply