Persiapkan Masa Pensiun bersama Taspen

  • 0

Persiapkan Masa Pensiun bersama Taspen

Category : Uncategorized

Sebanyak delapan persen potongan gaji dari total potongan 10 persen adalah persiapan pensiun yang dikelola oleh PT Taspen. Demikian yang diungkapkan dalam “Rapat Dalam Kantor (RDK) tentang Program Taspen bagi ASN di Kantor Imigrasi Surakarta” yang dilaksanakan di aula Kantor Imigrasi Surakarta, Kamis (12/10). RDK ini diselenggarakan dalam rangka diseminasi program pensiun yang dilakukan oleh BUMN pengelola jaminan hari tua ini. Diseminasi ini dilakukan agar pegawai memahami lebih dalam mengenai dana pensiun yang kelak akan diterima.

Pembukaan RDK oleh Plt Kepala Kantor

Potongan gaji delapan persen sebagai bekal dana pensiun tersebut masih belum banyak diketahui oleh pegawai, hal ini terungkap ketika pemateri menanyakan pengetahuan pegawai terhadap penggunaan potongan tersebut. Dijelaskan oleh Taspen, sebanyak 3,25 persen potongan menjadi tabungan hari tua yang tidak boleh diambil sebelum pensiun. Sementara itu 4,75 persen lainnya menjadi iuran pensiun. Kedua dana tersebut ditambah dengan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian menjadi 4 layanan utama program Taspen terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara).

 

Pemateri dari Taspen menjelaskan skema dana pensiun yang dikelola Taspen

Diseminasi ini disambut dengan baik dan diikuti secara antusias oleh seluruh pegawai. Hal ini terbukti dari penuhnya kursi dan ramainya pertanyaan yang diajukan kepada Taspen. Salah satu pegawai menanyakan bagaimana jika janda/duda ASN penerima jaminan kematian menikah lagi. Oleh Taspen, masalah ini dijawab dengan kebijakan bahwa jaminannya diturunkan ke anak penerima hingga umurnya sudah mencapai 25 tahun. Selepas sesi tanya jawab interaktif, rapat kemudian ditutup dengan foto bersama pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta dan PT Taspen.

Salah seorang peserta rapat mengajukan pertanyaan

 

 

 


Leave a Reply