Hari Dharma Karyadhika, Momentum Sinergi Kerja PASTI

  • 0

Hari Dharma Karyadhika, Momentum Sinergi Kerja PASTI

Category : Uncategorized

Suasana upacara HDKD di halaman Kantor

30 Oktober adalah hari istimewa bagi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai induk organisasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta. Pada hari ini, terbit keputusan Menteri Kehakiman RI No. M.06 – UM.01.06 tahun 1985 yang menetapkan tanggal 30 Oktober sebagai hari lahirnya Kementerian Hukum dan HAM. Pada tahun 2018 ini, hari ulang tahun yang diberi nama Hari Dharma Karyadhika (HDKD) jatuh pada hari Selasa (30/10). Dalam rangka memperingati HDKD ke-73, dilaksanakan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim), bapak Said Ismail, SH., MM sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh segenap pegawai Kanim dengan mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

Pengibaran Sang Merah Putih oleh para petugas

Nama Dharma Karyadhika yang diartikan secara menyeluruh sebagai “manusia yang diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan sesuai kewajiban, aturan, dan kebenaran” harus dimaknai bagi para ASN Kemenkumham untuk membuktikan hasil kerjanya dalam menjalankan kewajiban sesuai aturan. Demikian diungkapkan Kakanim ketika membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dalam amanat upacara. Sementara itu, tema “Sinergi Kerja-Kami PASTI” dipilih agar HDKD menjadi momentum menjalin persahabatan dan sinergi dengan institusi terkait serta masyarakat yang menjadi stakeholder Kemenkumham. Sinergi ini penting karena seberat apapun sebuah tanggung jawab, akan terasa ringan jika dikerjakan bersama-sama.

Kepala Kantor membacakan sambutan Menkumham

Dalam upacara selama 45 menit yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini, dilaksakanan juga sejumlah prosesi yang membuatnya istimewa dibanding upacara lainnya. Prosesi pertama adalah pembacaan lengkap sejarah Kemenkumham sejak berdirinya sebagai Departemen Kehakiman dengan Prof. Mr. Dr. Soepomo sebagai Menteri Kehakiman pertama. Prosesi kedua adalah menyanyikan Mars Kemenkumham bersama-sama sebagai bentuk kebanggaan terhadap Kemenkumham. Prosesi lainnya adalah penyematan lencana penghargaan bagi para pegawai yang baru saja menempuh 10, 20, dan 30 tahun masa pengabdian. Seluruh peserta mengikuti prosesi upacara dengan khidmat sejak awal hingga akhir.

Penyematan lencana penghargaan

 

 


Leave a Reply