Arahan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta (21/11)

  • 0

Arahan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta (21/11)

Category : Uncategorized

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta telah melaksanakan briefing terkait Pengarahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Rapat Koordinasi Penguatan Tugas dan Fungsi Wasdakim (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) tahun 2018 yang dilaksanakan di Medan  pada tanggal  14 –  16 November 2018. Briefing ini dilaksanakan di Ruang Serba Guna pada Rabu (22/11) dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta.

Para pegawai menyimak pengarahan Kakanim dengan serius

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta dalam briefing tersebut mengungkapkan bahwa perang dagang yang terjadi antara Tiongkok dan Amerika Serikat memiliki dampak yang sangat serius bagi para pelaku ekonomi dunia tidak terkecuali di Indonesia. Tantangan seperti ini harus disikapi dengan melakukan kerja lebih ekstra oleh para pemangku kebijakan di bidang ekonomi agar target capaian ekonomi Indonesia tetap terwujud.

Imigrasi yang memiliki fungsi sebagai fasilitator pembangunan ekonomi memiliki peran besar dalam mewujudkan target dan capaian ekonomi tersebut. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mengingatkan kepada seluruh pegawai meninggalkan budaya arogansi dan kesewenangan petugas Imigrasi dalam melakukan tugas harian terlebih lagi kepada pegawai serta pejabat Imigrasi yang diberikan kewenangan untuk melakukan penindakan. Seluruh pegawai dan pejabat diharapkan untuk menanggalkan arogansi dan kesewenangan dalam melakukan kegiatan serta operasi pengawasan dan penindakan Keimigrasian. Sikap tidak arogan dan sewenang-wenang ini penting supaya tercipta iklim investasi yang kondusif di wilayah kerja Imigrasi, sebagai kerja nyata Imigrasi dalam mendukung pemerintah mewujudkan peningkatan ekonomi nasional.

Suasana Ruang Serba Guna saat pengarahan Kakanim

Sebagai contoh, Indonesia dapat berkaca pada Vietnam yang dahulu berada di bawah Indonesia dalam hal ekonomi kini telah jauh lebih maju daripada Indonesia. Kemajuan ini terlihat dari besaran pendapatan per kapita penduduk Vietnam yang berada di atas Indonesia. Hal ini tidak lepas dari keluwesan pemerintah Vietnam yang memiliki kebijakan pro investasi dengan sungguh-sungguh memberikan berbagai kemudahan bagi para investor asing untuk menginvestasikan aset serta permodalan asing dalam melakukan berbagai bentuk kegiatan usaha di negara tersebut.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk lebih mengedepankan pendekatan yang soft approach (pendekatan yang lunak) dalam melakukan pengawasan serta penindakan Keimigrasian agar tercipta iklim investasi yang sehat dan kondusif di wilayah kerja Imigrasi Surakarta. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta juga menambahkan agar tidak terulang kembali laporan ketidakpuasan masyarakat seperti yang baru saja dilaporkan melalui aplikasi Lapor.

Sebagai penutup, Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Surakarta berpesan kepada segenap pegawai Kantor Imigrasi kelas I TPI Surakarta untuk dapat melaksanakan seluruh amanat tersebut dengan baik.

Surakarta, 21 November 2018

 

Hormat Kami,

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta.


Leave a Reply