Ratusan Mahasiswa UMS ikuti Sosialisasi Keimigrasian

  • 0

Ratusan Mahasiswa UMS ikuti Sosialisasi Keimigrasian

Category : Berita Kantor

Sebanyak 150 orang mahasiswa double degree Universitas Muhammadiyah Surakarta dari berbagai disiplin ilmu memenuhi Ruang Kuliah Teater ISW yang berlokasi di Lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah, Pabelan, Sukoharjo, Rabu (28/11). Mahasiswa-mahasiswa tersebut berkumpul untuk menghadiri lanjutan program “Immigration Goes To Campus” dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta. UMS merupakan institusi Pendidikan tinggi kedua yang dikunjungi oleh tim dari seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim). Tim dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi) Tikim, Ramilah Hanum, SH yang didampingi oleh Kasubsi Teknologi Informasi, Oky Syachputra, A.Md.Im., Kasubsi Informasi dan Komunikasi, Erni Belisa, A.Md.Im.,S.H., serta dua orang pegawai dan diterima oleh Kepala Bidang Kelas Internasional UMS Happy Adityarini S.Pd.,MA.,Ph.D.

Kasi Tikim menyampaikan materi

UMS menjadi tujuan sosialisasi keimigrasian karena memiliki jumlah mahasiswa double degree Kelas Internasional yang besar. Sebanyak 10 kelas disediakan UMS untuk menampung seluruh mahasiswa yang berasal dari dalam maupun luar negeri.  Program double degree ini menuntut para mahasiswa untuk tidak hanya berkuliah di UMS, namun juga universitas di luar negeri. Sementara itu, UMS menerima setidaknya 20 orang mahasiswa asing tiap tahunnya. Aktivitas transnasional inilah yang membuat civitas akademika UMS akan sering berhadapan dengan dunia keimigrasian.

Para peserta menyimak dengan serius

Kenyataan tersebut adalah pemantik antusiasme para mahasiswa dalam mengikuti sosialisasi yang dimulai pada pukul 09.30 ini. Mereka menyimak secara serius pemaparan materi Sekilas Keimigrasian yang dibawakan Kasi Tikim dan Serba-serbi Keimigrasian oleh Kasubsi TI. Sebanyak 2 termin sesi interaktif juga dipenuhi oleh pertanyaan para mahasiswa. Seperti pertanyaan mengenai pengalaman sulitnya mengurus visa, informasi paspor biasa dan elektronik, serta langkah-langkah jika kehilangan paspor di luar negeri.

Salah seorang peserta mengajukan pertanyaan


Leave a Reply