Dialog Interaktif di Radio, Tingkatkan Pemahaman Masyarakat

  • 0

Dialog Interaktif di Radio, Tingkatkan Pemahaman Masyarakat

Category : Berita Kantor

Kasi Lantaskim (kanan) dan Kasubsi Informasi dan Komunikasi tengah memaparkan informasi terkait paspor

Dalam rangka menyebarkan informasi keimigrasian kepada masyarakat, Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tikim) dan Lalu Lintas Keimigrasian (Lantaskim) Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Surakarta bekerja sama dengan Solo Radio 92.9 FM mengadakan dialog interaktif keimigrasian pada Rabu, (5/12). Dialog interaktif yang dimulai pukul 17.00-18.00 ini dilaksankan pada saat program bertajuk “Mr &Mrs Afternoon” yang dipandu oleh wadyabala Ella mengudara. Dalam program ini, Kanim Surakarta diwakili oleh Kepala Seksi Lantaskim Winarko Kepala Seksi Tikim Ramilah Hanum, Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Oky Syachputra, dan Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Erni Belisa.

Dalam dialog ini, keempat pejabat struktural tersebut menyampaikan sejumlah materi keiimigrasian secara bergantian dengan dipandu secara interaktif oleh wadyabala. Materi tersebut adalah pelayanan pembuatan paspor, pelayanan warga negara asing, kegiatan penyebaran informasi keimigrasian melalui booth acara Car Free Day kota Solo, informasi mengenai Unit Layanan Paspor di Solo Baru, dan informasi antrian paspor daring (online).  Selain itu, disampaikan juga informasi mengenai sarana media sosial milik Kanim Surakarta yaitu WA Gateway di nomor 08112696999 serta Instagram, Twitter, dan Facebook di username @kanimsurakarta sehingga apabila ada pertanyaan lanjutan dari masyarakat dapat ditangani melalui kanal tersebut.

Kegiatan dialog interaktif ini merupakan kesempatan berharga bagi Kanim Surakarta. Dialog melalui radio dipilih sebagai sarana mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta dalam rangka penyebaran informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, pukul 17.00-18.00 dipilih sebagai waktu siaran karena rentang waktu tersebut paling optimal untuk mendapatkan pendengar terbanyak, sehingga penyebaran informasi Keimigrasian dapat lebih jauh menjangkau lapisan masyarakat. Salah satu lapisan masyarakat yang dapat dijangkau lebih dalam adalah para generasi muda milenial yang menjadi pendengar mayoritas Solo Radio. Generasi inilah yang nantinya akan bersinggungan lebih banyak dengan dunia keimigrasian misal dalam rangka berwisata maupun belajar dan berkarir di luar negeri.


Leave a Reply