Menuju Pribadi yang Beruntung

  • 0

Menuju Pribadi yang Beruntung

Category : Uncategorized

Dalam rangka pembinaan kerohanian para pegawai, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta kembali menggelar Siraman Rohani yang rutin dilaksanakan pada hari Jumat ketiga setiap bulannya. Siraman Rohani yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Surakarta, Said Ismail, SH., MM. tersebut diisi oleh pemateri KH Ahmad Yani. Seluruh pegawai beragama Islam menghadiri Siraman Rohani yang diselenggarakan di masjid Ar-Rohman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta pada Jumat (21/12).

Kakanim membuka Siraman Rohani

Dalam ceramahnya, KH Ahmad Yani menanyakan kepada para hadirin apakah akan menjadi seorang hamba yang khosirun (rugi, tidak pernah menggunakan kesempatan untuk ibadah), malnunun (tidak lebih jelek daripada hari ini), atau robbiun (beruntung, hari ini lebih baik dari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini, sadar akan kematian yang akan datang). Untuk menjadi seorang yang beruntung, beliau mengajak para hadirin untuk banyak bersyukur, tidak kufur nikmat, dan takabur karena diberikan kesempatan untuk menikmati kesempurnaan ciptaan Allah.

KH Ahmad Yani menyampaikan materi

Selain itu, KH Ahmad Yani juga mengingatkan agar jangan dzolim pada diri sendiri, misalnya dengan tidak membaca Al Quran atau menghadiri pengajian dengan terpaksa karena takut pada pimpinan. Beliau menegaskan bahwa seorang manusia membutuhkan segala bentuk ibadah untuk mengarahkan diri menjadi orang yang beruntung.

Para pegawai serius menyimak pemaparan

Dalam menutup materinya, KH Ahmad Yani memberikan resep 5 M agar tahun depan dapat lebih baik. Mereka adalah Muahadah (berjanji kepada Allah), Mujahadah (jihad melawan hawa nafsu), Muroqobah(merasa selalu diawasi Allah), Muhasabah(mawas diri dan mengingat waktu, rizki, jasad digunakan untuk apa selama hidup di dunia, serta Muaqobah (berani memberi sanksi kepada diri jika salah).


Leave a Reply