Sosialisasi untuk Pelayanan Prima Calon Jamaah Haji

  • 0

Sosialisasi untuk Pelayanan Prima Calon Jamaah Haji

Category : Berita Kantor

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pelayanan Penerbitan Paspor Calon Jamaah Haji tahun 2019 yang berlangsung pada Kamis (10/1) yang lalu menghasilkan kesepakatan untuk menyelenggarakan Sosialisasi Pelayanan Penerbitan Paspor Calon Jamaah Haji. Sosialisasi ini terselenggara melalui kerja sama dengan Kementerian Agama setempat di kabupaten/kota yang menjadi wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta. Sosialisasi tersebut diselenggarakan selama dua hari yaitu Senin (14/1) dan Selasa (15/1). Pelaksanaan hari Senin dilangsungkan di Surakarta, sedangkan sisanya (Sukoharjo, Sragen, Wonogiri, dan Boyolali) dilangsungkan pada hari Selasa.

Salah seorang peserta sosialisasi di Sukoharjo mengabadikan materi dalam presentasi

Mengacu pada UU nomor 6/2011, PP nomor 31/2013, dan Permenkumham 8/2014, sosialisasi tersebut memaparkan pelayanan penerbitan paspor bagi calon jamaah haji di wilayah Solo Raya yang akan mulai berangkat pada bulan Juli 2019. Sejumlah materi spesifik juga diberikan, misalnya prosedur khusus pengurusan paspor bagi calhaj, persyaratan dan biaya paspor, hingga permasalahan yang pernah dialami sebelumnya dan saran untuk mencegah permasalahan terjadi kembali.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan, Wahyu Agus S, sedang memaparkan materi dalam sosialisasi di Sragen

Sosialisasi ini disambut dengan baik oleh para peserta yang terdiri dari KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) dan KUA dari masing-masing kecamatan. Di antara pertanyaan yang diajukan misalnya solusi jika calon jamaah haji yang sebagian besar telah berusia lanjut memiliki dokumen yang datanya tidak sama. . Terkait hal tersebut, Imigrasi Surakarta sudah berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dalam rapat koordinasi sebelumnya dan telah menyepakati komitmen untuk aktif membantu terkait kelengkapan dokumen bagi Calon Jamaah Haji.

Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, Hendro Widhiatmoko, menyampaikan materi dalam sosialisasi di Wonogiri didampingi oleh Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian, Lucky Budi Dharmawan

Foto bersama selepas sosialisasi di Surakarta

Salah seorang pengurus KBIH menyampaikan pertanyaan


Leave a Reply