Upacara Peringati 69 Tahun Bakti pada Negeri

  • 0

Upacara Peringati 69 Tahun Bakti pada Negeri

Category : Berita Kantor

Serah terima imigrasi dari pihak Belanda kepada Republik Indonesia pada 26 Januari 1950 menjadi dasar peringatan Hari Bhakti Imigrasi. Sejak saat itu, Imigrasi Indonesia kemudian terus berkembang hingga menjadi salah satu pelayanan masyarakat paling efektif dan inovatif. Demikian sejarah singkat Imigrasi yang dibacakan dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-69 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Senin (28/1). Upacara di Unit Pelaksana Teknis (UPT) dilaksanakan dua hari setelah hari-H sesuai instruksi Direktur Jenderal Imigrasi.

Inspektur upacara membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM

Upacara dipimpin oleh Inspektur Upacara Sigit Wahjuniarto, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, karena Kepala Kantor, Said Ismail sedang memenuhi panggilan tugas untuk mengikuti upacara tingkat provinsi di Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Semarang. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kusmartono, Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian. Sama seperti saat pelaksanaan tabur bunga beberapa hari sebelumnya, seluruh peserta menggunakan PDU I berwarna biru dongker.  Seluruh pegawai mengikuti dengan khidmat sejak upacara dimulai pukul 07.30 hingga selesainya upacara.

Petugas membacakan Panca Prasetya Korpri dan Imigrasi

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng di Ruang Serbaguna. Prosesi ini dilaksanakan sebagai bentuk syukuran atas terlaksananya seluruh rangkaian prosesi HBI ke-69. Dua orang pegawai, Kurniaty Effendi dan Wakhid Aprizal Ma’ruf menerima potongan tumpeng dari Inspektur Upacara dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Agus Djatty. Kurniaty mewakili pegawai paling senior dan Aprizal sebagai pegawai termuda.

Prosesi penyerahan tumpeng kepada pegawai termuda


Leave a Reply