Imigrasi Tingkatkan Kapasitas Pengetahuan Pegawai LPPKS

  • 0

Imigrasi Tingkatkan Kapasitas Pengetahuan Pegawai LPPKS

Category : Berita Kantor

Selasa (26/2), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mendapatkan kehormatan untuk menjadi salah satu pemateri dalam pelatihan “Pengembangan Kapasitas Pegawai di Lingkungan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)” yang dilaksanakan di aula lantai 5 gedung utama lembaga tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Kantor Imigrasi Surakarta diwakili oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Kasi Tikim), Ramilah Hanum, yang menyampaikan materi bertajuk “Sekilas Keimigrasian”.

Dimoderatori oleh salah satu Widyaiswara di LPPKS yaitu Arju Rahmanto, pemaparan materi yang diikuti oleh 100 peserta pelatihan berjalan dengan lancar. Selama 1,5 jam sesi pemaparan oleh Kasi Tikim, berbagai hal mengenai keimigrasian dijelaskan secara ringkas namun lengkap. Mulai dari sejarah Imigrasi Indonesia, visi dan misi Imigrasi, hingga berbagai layanan serta penegakan hukum keimigrasian seperti Paspor WNI dan Izin Tinggal Orang Asing.

Pemaparan diikuti dengan semangat oleh para pegawai yang terdiri dari staf dan Widyaiswara pendidik calon Kepala Sekolah. Terbukti dari sesi pertanyaan yang terpaksa dibatasi hanya sampai 4 orang karena terbatasnya waktu pemaparan. Salah satu peserta menanyakan prosedur pengurusan paspor milik keluarganya yang masa berlakunya sudah habis sejak lama. Oleh Kasi Tikim, dijawab bahwa yang bersangkutan dapat melakukan prosedur penggantian habis masa berlaku dengan cukup membawa E-KTP dan Paspor dengan biaya yang sudah ditentukan di PP nomor 10/2015.

Dikutip dari situs resminya, LPPKS merupakan lembaga yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan, pengembangan, dan pemberdayaan kepala sekolah. LPPKS yang kompleks lembaganya terletak di dusun Dadapan, Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar ini merupakan satu-satunya lembaga di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tugas tersebut. Pelatihan peningkatan kapasitas pegawai yang mengundang Kantor Imigrasi Surakarta tersebut memiliki tujuan untuk mendukung tugas pokok yang disebutkan sebelumnya.


Leave a Reply