Imigrasi kembali Tingkatkan Pemahaman Keimigrasian siswa SMA

  • 0

Imigrasi kembali Tingkatkan Pemahaman Keimigrasian siswa SMA

Category : Berita Kantor

80 orang siswa SMA Al Firdaus, Mendungan, Pabelan, Kartasura yang didampingi oleh dua orang guru telah berkumpul di aula lantai dua pada Jumat (15/3) pagi. Kehadiran mereka adalah untuk mengikuti sosialiasi Immigration Goes to School yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta.

Sosialisasi yang bertujuan untuk penyampaian informasi dan pemahaman kepada para siswa terhadap pengetahuan keimigrasian ini disampaikan oleh tim dari seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim) yang dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi), Ramilah Hanum.

Dalam pemaparan materi yang dimulai pada pukul 09.15 tersebut, Kasi Tikim didampingi oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Komunikasi, Erni Belisa. Selama 1,5 jam sesi pemaparan, berbagai hal mengenai keimigrasian dijelaskan secara ringkas namun lengkap. Mulai dari sejarah Imigrasi Indonesia, visi dan misi Imigrasi, hingga berbagai layanan serta penegakan hukum keimigrasian seperti Paspor WNI dan Izin Tinggal Orang Asing.

Pemaparan diikuti dengan semangat oleh para siswa yang dibuktikan dengan banyaknya siswa yang menanyakan pertanyaan terkait keimigrasian. Salah satu siswa menanyakan prosedur pengurusan paspor yang masa berlakunya sudah habis. Oleh Kasi Tikim, dijawab bahwa yang bersangkutan dapat melakukan prosedur penggantian habis masa berlaku dengan membawa E-KTP dan Paspor lama dan membayar sesuai yang sudah ditentukan di PP nomor 10/2015 yaitu Rp 355.000 untuk paspor 48 halaman.


Leave a Reply