Kantor Imigrasi Surakarta Selesaikan Ribuan Paspor Jamaah Haji

  • 0

Kantor Imigrasi Surakarta Selesaikan Ribuan Paspor Jamaah Haji

Category : Berita Kantor

Setiap tahunnya, Kantor Imigrasi Kelas I TPI melaksanakan layanan khusus untuk memfasilitasi para jamaah haji yang akan menunaikan ibadahnya. Layanan pengurusan paspor calon jamaah haji (CJH) merupakan agenda tahunan yang pada tahun 2019 ini berlangsung sejak bulan Januari hingga Maret.

Layanan paspor haji memiliki sedikit perbedaan dengan layanan paspor pada umumnya. Mengingat banyaknya CJH yang dilayani, layanan dilakukan setelah jam kerja agar pelayanan paspor kepada masyarakat umum tidak terhambat. Selain itu, pelayanan dibagi per kabupaten/kota di wilayah Solo Raya dengan koordinasi bersama Kementerian Agama setempat. Koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi yang dilaksanakan pada awal Januari.

Pelaksanaan layanan paspor bagi CJH telah dimulai sejak 16 Januari dan diakhiri pada 28 Februari. Sebanyak 4.465 CJH dari 6 kabupaten dan 1 kota dilayani secara bergantian setiap minggunya. Pelayanan diberikan di dua tempat, kantor utama di Colomadu memberikan layanan bagi CJH dari Karanganyar, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, dan kota Surakarta, sedangkan Unit Layanan Paspor di Solo Baru memberikan layanan bagi CJH dari Klaten dan Wonogiri.

Proses pemberian paspor bagi CJH secara umum tidak memiliki perbedaan dengan proses penerbitan paspor bagi masyarakat umum. Namun ribuan CJH tidak perlu mendaftar melalui sistem antrian daring (online) demi kelancaran pelayanan. Selebihnya, proses pemeriksaan persyaratan, foto, dan wawancara tetap dilakukan sesuai standar pelayanan.

Paspor yang telah diterbitkan kemudian diserahterimakan kepada petugas Kementerian Agama untuk selanjutnya dilakukan proses selanjutnya seperti permohonan visa kepada Kedutaan Besar Arab Saudi. Namun proses serah terima tersebut bukanlah akhir pelayanan keimigrasian bagi CJH karena Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta akan kembali hadir di Embarkasi Donohudan dan Bandara Internasional Adi Sumarmo untuk mengawal keberangkatan dan kepulangan para CJH.


Leave a Reply