JFT Kantor Imigrasi Surakarta Tingkatkan Pengetahuan Karier dan Profesi

  • 0

JFT Kantor Imigrasi Surakarta Tingkatkan Pengetahuan Karier dan Profesi

Category : Berita Kantor

Kamis (4/4), bertempat di Aula Lantai 3 Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, diselenggarakan kegiatan Pendampingan Kompetensi Kinerja Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian se-Jawa Tengah T.A 2019. Peserta kegiatan dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta berjumlah 9 (sembilan) pegawai, terdiri dari 7 (tujuh) pegawai yang merupakan Analis Keimigrasian Pertama, didampingi oleh Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian selaku Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Kantor, Winarko, dan Kepala Subbagian Tata Usaha, Dra. Agus Djatty Krisnawati.

Pendampingan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Sutrisman. Dalam sambutannya, Sutrisman menyampaikan bahwa pengembangan karier Jabatan Fungsional merupakan salah satu pilar dalam mengembangkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dimasa yang akan datang. Termasuk dalam Jabatan Fungsional diantaranya adalah Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian. Jabatan  Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian berperan dalam pengindentifikasian dan penelaahan berbagai objek terkait keimigrasian.

Pendampingan ini membahas Permenpan-RB nomor 47 dan Nomor 48 tahun 2018. Pembahasan dipaparkan oleh dua orang narasumber yaitu Analis Keimigrasian Utama di Direktorat Jenderal Imigrasi yaitu Lilik Bambang Lestari dan Analis Keimigrasian Madya, Ismoyo. Pembahasan dimoderatori oleh Kepala Bagian Umum Kanwil Jawa Tengah, Ibu Mutia Farida.

Selain itu, narasumber juga menyampaikan berbagai hal terkait kedudukan, tugas dan fungsi, pola karir serta angka kredit bagi jabatan fungsional. Panitia juga menyediakan sesi tanya jawab. Kesempatan tersebut disambut antusias oleh peserta kegiatan. Pertanyaan yang disampaikan diantaranya adalah terkait beban sasaran kinerja pegawai (SKP) bagi jabatan Fungsional Analis Keimigrasian serta Pemeriksa Keimigrasian, juga terkait jenjang karier bagi jabatan fungsional yang merupakan jenjang karier baru di Direktorat Jenderal Imigrasi.


Leave a Reply