Siapkan Pembaharuan Sistem, Imigrasi Ikuti Pelatihan SIMKIM 2.0

  • 0

Siapkan Pembaharuan Sistem, Imigrasi Ikuti Pelatihan SIMKIM 2.0

Category : Berita Kantor

Sebanyak tiga orang pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta yaitu Fitriyanto, Mukhamad Budiarto, dan Panji Kurniawan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan instalasi dan konfigurasi aplikasi SIMKIM versi 2.0. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi di Ruang Pertemuan Direktorat Jenderal Imigrasi Lantai 12, Kuningan, Jakarta Pusat pada 1-5 April 2019.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal Imigrasi pada Senin (1/4) dan dilanjutkan dengan pengarahan dan informasi perihal SIMKIM versi 2.0 terkait kesisteman. Selanjutnya telah disediakan perangkat yang nantinya akan didistribusikan ke masing Kanim (Kantor Imigrasi) dan sebelumnya akan dilakukan instalasi dan konfigurasi oleh Tim dari Kanim dengan dipandu dari Tim Sistik (Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian).

Pada hari berikutnya yaitu Selasa (2/4), Tim melakukan instalasi dan konfigurasi 2 server Kanim & Unit Layanan Paspor serta komputer client untuk SPRI,  Izin Tinggal dan Nyidakim (pengawasan keimigrasian) . Selanjutnya, Tim melakukan instalasi 2 server Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) dan perangkat Border Control Management pada Kamis (4/4).

Hari terakhir pelaskanaan yaitu Jumat (5/4), tim melakukan pemasangan aplikasi untuk Tempat Pemeriksaan Imigrasi dan melakukan pengecekan sebelum dilakukan pengemasan perangkat yang akan dikirim. Dijadwalkan pada 22 April seluruh sistem baru tersebut sudah beroperasi penuh untuk mendukung pelayanan publik yang lebih baik.


Leave a Reply