Kunjungan Kerja, Kepala Divisi Keimigrasian Ingatkan 3 Hal

  • 0

Kunjungan Kerja, Kepala Divisi Keimigrasian Ingatkan 3 Hal

Category : Berita Kantor

Setelah menerima kunjungan kerja dari Kepala Kantor Wilayah dua hari sebelumnya, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Surakarta kembali menerima kunjungan kerja dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah. Dalam rangka pelaksanaan program kerja Divisi Keimigrasian, Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Ramli HS hadir dalam sesi pengarahan yang berlangsung di Aula Serba Guna pada Jumat (12/4).

Sosialisasi yang dimulai pukul 10.00 tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Said Ismail. Pengarahan yang diberikan terkait pemenuhan target kinerja, pelaksanaan  Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan sikap menjelang masa pilpres tersebut disampaikan selama 90 menit.

Paparan tersebut merupakan bagian dari kunjungan terkait program kerja divisi keimigrasian yaitu kunjungan pembinaan terkait teknis keimigrasian maupun administratif (keuangan dan sumber daya manusia). Dalam fokus pembahasan evaluasi realisasi penyerapan anggaran, Kadivim mengharapkan setiap kepala seksi mengawal dalam penggunaan anggaran masing-masing. Kepala TU juga diharapkan mengingatkan setiap kepala seksi untuk melaksanakan program yang sudah dibuat.

Dalam paparan terpisah oleh salah seorang staf Divim terkait penyerapan anggaran, Divim memuji penyerapan anggaran Kantor Imigrasi Surakarta yang sudah baik pada tahun lalu sebanyak 94 persen. Namun untuk tahun ini diharapkan kerja kerasnya karena target penyerapan anggaran Kemenkumham yang tinggi yaitu 99,9 persen.

Dalam bahasan ZI, Kanim diharapkan mampu mengimplementasikan studi tiru yang sudah dilakukan di Kanim Denpasar melalui peningkatan pelayanan. Karena core bussiness Kantor Imigrasi saat ini adalah kualitas pelayanan. Selain itu, setiap Kanim diminta kerja samanya untuk membangun aplikasi portal data bernama Immigration Strategic Information System. Aplikasi mampu mengawasi kegiatan pelaksanaan tugas dan fungsi pelayanan keimigrasian. Aplikasi tersebut dapat menyajikan data implementasi kegiatan UPT secara realtime. Bagi tiap UPT ditunjuk satu petugas yang bertugas untuk menginput data secara real-time.

Dalam penutup paparan melalui pembahasan sikap menjelang pemilihan umum, sebagaimana yang disampaikan Kakanwil dalam kunjungan kerja sebelumnya, Kadivim mengharapkan ASN untuk netral dan tidak berkampanye demi menjaga profesionalitas dan keutuhan bangsa.


Leave a Reply