Terima Outing Class IAIN, Imigrasi Paparkan Pelayanan Jemaah Haji

  • 0

Terima Outing Class IAIN, Imigrasi Paparkan Pelayanan Jemaah Haji

Category : Berita Kantor

Manajemen Dakwah merupakan sebuah jurusan baru di IAIN Surakarta. Pendirian jurusan ini merupakan respon terhadap potensi haji dan umroh di Indonesia yang sangat besar namun pengelolaannya belum optimal karena masih minimnya SDM profesional di bidang tersebut. Sebagai salah satu instansi pemerintah yang terlibat dalam pelayanan ibadah Haji dan Umroh, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta menerima kunjungan outing class dari 48 mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keimigrasian.

Dalam pemaparan materi, Kantor Imigrasi Surakarta diwakili oleh seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim) yang dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi), Ramilah Hanum. Materi yang disampaikan adalah keimigrasian secara umum seperti definisi keimigrasian hingga layanan paspor serta pelayanan paspor kepada calon jamaah haji. Seluruh peserta antusias menyimak paparan yang diberikan.

Antusiasme tercermin dari minat para mahasiswa mengajukan pertanyaan. Salah satu mahasiswa, Bisri menyampaikan pertanyaan diantaranya 1 perbedaan data antara paspor yang sebelumnya sudah dibuat dengan saat pengajuan penggantian paspor2 jenis –jenis paspor dan apakah ada perbedaan perlakuan untuk pengajuan paspor dengan tujuan haji dan paspor untuk umroh.

Kasubsi Teknologi Informasi, Oky Syachputra, yang mendampingi Kasi Tikim memberikan jawaban bahwa saat pertama kali membuat paspor harusnya memberikan data yang benar, karena data tersebut akan tersimpan dan terus dipakai sehingga jika terjadi perbedaan data saat penggantian harus dilakukan pemeriksaan dan jika akan dirubah maka harus dengan ketetapan dari pengadilan.


Leave a Reply