Upacara Hari Lahir Pancasila, Momen Penghormatan Ideologi Bangsa

  • 0

Upacara Hari Lahir Pancasila, Momen Penghormatan Ideologi Bangsa

Hari Lahir Pancasila diperingati dengan upacara bendera setiap tanggal 1 Juni sebagai peringatan sejarah pidato Soekarno dalam sidang BPUPKI pada tahun 1945 yang menjadi momen pertama kalinya rumusan Pancasila disampaikan.

 

Dalam pelaksanaan tahun 2019, Upacara Hari Lahir Pancasila menjadi upacara yang istimewa dibandingkan upacara lainnya.

 

Dalam upacara yang berlangsung di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta pada Sabtu (1/6) ini, Kepala Pusat (Kapus) Pengembangan Teknis dan Kepemimpinan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenkumham, Indro Purwoko menjadi Inspektur Upacara. Selain itu terdapat peningkatan jumlah peserta upacara yang signifikan.

 

Kedua keunikan tersebut merupakan hasil dari instruksi Kepala BKN dan Sekretaris Jenderal Kemenkumham untuk memperbolehkan pegawai yang telah kembali ke kampung halaman mengikuti upacara di Satuan Kerja Kemenkumham terdekat dengan tempat tinggal.

 

Dalam upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini, Inspektur Upacara menyampaikan amanat Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam amanat tersebut, disampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila merupakan sebuah keniscayaan. Peringatan ini merupakan momentum penghargaan sejarah bagi sebuah kebanggaan nasional sekaligus penghormatan bagi para tokoh bangsa yang telah berjuang melahirkan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia.


Leave a Reply