Naik Drastis, ini Rilis Indeks Kepuasan Masyarakat bulan Mei 2019

  • 0

Naik Drastis, ini Rilis Indeks Kepuasan Masyarakat bulan Mei 2019

Selamat siang sobat Mido!

Setiap bulannya dalam rangka mengawasi dan mengendalikan kualitas pelayanan, Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim) Kantor Imigrasi kelas I TPI Surakarta mengadakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). SKM merupakan lembar kuesioner berisi 10 poin pertanyaan dan kolom kritik dan saran yang berpedoman kepada edaran dari Direktorat Jenderal Imigrasi.

Sebanyak 60 lembar kuesioner dibagikan sepanjang bulan Mei 2019. 60 kuesioner tersebut dibagi merata setiap minggunya sebanyak 15 lembar per minggu dengan asistensi dari petugas. Metode ini dilakukan agar pengumpulan data bisa lebih menyeluruh dan masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam pengisian kuesioner.

Dari survei yang dilakukan, didapatkan nilai SKM yang berkategori sangat baik dengan skor 90, meningkat drastis dari dua bulan sebelumnya di angka 83,00 dan 81,75. Hasil ini didapat dari 60 lembar kuesioner yang diisi oleh 60 orang responden yang terdiri dari 25 orang laki-laki dan 35 orang perempuan.

60 orang responden yang kami mintakan penilaian didominasi oleh lulusan sarjana sebanyak 22 orang. Meskipun begitu, dari sisi pekerjaan lebih banyak responden yang berprofesi sebagai pelajar sebanyak 22 orang. Keduanya menjadi faktor gabungan yang membuat usia responden mayoritas berada di rentang umur produktif yaitu 15-30 tahun sebanyak 32 orang. Selain itu, minat belajar di luar negeri juga masih cukup tinggi, alasan pembuatan paspor untuk belajar mencapai 35 persen (21 orang).

Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) ini memberikan manfaat berupa :
1. Diketahuinya kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggaraan pelayanan publik;
2. Diketahuinya kinerja penyelenggaraan pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik
3. Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya yang perlu dilakukan

Atas perhatian sobat Mido, kami ucapkan terima kasih 🙂

 

 


Leave a Reply