Kantor Imigrasi Surakarta kembali Melayani Jamaah Haji

  • 0

Kantor Imigrasi Surakarta kembali Melayani Jamaah Haji

Category : Berita Kantor

Sebagai Kantor Imigrasi yang memiliki embarkasi jamaah haji di wilayahnya, sudah menjadi tugas tahunan bagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta untuk melaksanakan pemberangkatan jamaah haji.


Pemberangkatan yang dilaksanakan di Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali ini dilakukan bersama segenap instansi terkait, mulai Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, hingga PT Angkasa Pura.

Dalam pemberangkatan yang berlangsung selama 1 bulan penuh ini, Imigrasi bertugas untuk memeriksa paspor dan visa seluruh jamaah haji serta menerakan cap keberangkatan sebagaimana yang biasa dilakukan petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di bandara internasional. Untuk optimalisasi pelayanan, sebanyak 80 orang pegawai ditunjuk sebagai tim pemberangkatan dan dibagi dalam 4 grup yaitu A, B, C, dan D.

Pada tahun 2019 ini, pemberangkatan ibadah haji kloter pertama dimulai pada Minggu (7/7) pukul 02.30 WIB. Kepala Kantor Imigrasi, Said Ismail, dan Kepala Divisi Keimigrasian, Ramli HS, yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Jateng berkesempatan mengunjungi ruangan tempat Imigrasi bertugas dan turut bergabung dengan grup B memberangkatkan jamaah haji dalam pemberangkatan perdana ini.

Dalam pelepasan kloter 1 Embarkasi Donohudan dari Kabupaten Sukoharjo tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah memimpin langsung upacara pelepasan yang diikuti oleh 360 orang jamaah haji di Gedung Muzdalifah.


Pemberangkatan masih akan terus berlanjut setiap harinya hingga seluruh 34.940 jamaah telah berangkat pada hari terakhir pemberangkatan yaitu Selasa (5/8). Selanjutnya, proses kepulangan jamaah haji ke Indonesia akan dimulai 12 hari setelahnya. Imigrasi masih akan terus bertugas hingga kloter terakhir pulang ke Indonesia.


Leave a Reply