Imigrasi Surakarta Terima Kunjungan Ditjen Imigrasi dan Kanwil Jateng

  • 0

Imigrasi Surakarta Terima Kunjungan Ditjen Imigrasi dan Kanwil Jateng

Category : Berita Kantor

Memasuki hari kelima dan keenam Pemberangkatan Jamaah Haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Rabu-Kamis (10-11/7), Kantor Imigrasi kelas I TPI Surakarta menerima kunjungan ganda dari Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjenim) dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah.

Kunjungan ini merupakan upaya pengawasan dan evaluasi terhadap kualitas pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Surakarta sejak Minggu (7/7). Kunjungan Ditjenim pada Rabu (10/7) di asrama haji diterima oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ramilah Hanum, sedangkan kunjungan di bandara internasional Adi Sumarmo diterima oleh Kepala Sub Seksi Lintas Batas, Della Lucky. Sementara itu, kunjungan tim Kanwil di asrama haji sehari setelahnya diterima oleh Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, Hendro Widhiatmoko yang sedang bertugas di unit B.

Dalam kunjungan ini, Imigrasi Surakarta tidak mengalami kendala dalam menunjukkan kesiapan petugas dan prasarana pemberangkatan ibadah haji. Mulai dari ketersediaan petugas yang bersiaga di embarkasi asrama haji maupun bandara internasional Adi Soemarmo, peralatan pendukung yang siap guna seperti aplikasi pelaporan yang dibuat sendiri dan peralatan mobile BCM (Border Control Management), serta fasilitas pendukung seperti ruangan jaga dan konsumsi bagi petugas.


Tidak hanya itu, tim Ditjenim juga mengikuti pemberangkatan kloter 13 sedangkan tim Kanwil mengikuti pemberangkatan kloter 16.  Kedua tim merasakan lancarnya proses pemberangkatan jamaah haji sejak peneraan cap keberangkatan dan prosesi pelepasan jamaah haji di embarkasi serta pemberangkatan di bandara Adi Soemarmo. Kesiapan Kantor Imigrasi Surakarta mampu memuaskan kedua tim yang melaksanakan pengawasan dan evaluasi. Baik tim Ditjenim yang dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat Tempat Pemeriksaan Imigrasi Sri Warnati dan tim Kanwil Jateng yang dipimpin Analis Keimigrasian Madya, Bambang S., puas dengan kualitas yang ditunjukkan oleh Kantor Imigrasi Surakarta.


Leave a Reply