Arahan Dirsistik Terkait Implementasi SIMKIM V2 di Kanim Surakarta

  • 0

Arahan Dirsistik Terkait Implementasi SIMKIM V2 di Kanim Surakarta

Temaram matahari sore menjelang berakhirnya jam pelayanan tidak menyurutkan semangat para pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mengikuti arahan Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian (Dirsistik) @ditjen_imigrasi Alif Suaidi, Senin (15/7).

Dalam pengarahan yang berlangsung di Ruang Aula Kantor Imigrasi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Said Ismail, membuka langsung pengarahan didampingi oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ramilah Hanum.

Dalam arahannya, Dirsistik mengemukakan bahwa pemutakhiran SIMKIM V1 menuju V2 yang saat ini sedang berlangsung merupakan sebuah keharusan. Relevansi antara perangkat lunak dengan keamanan sistem yang terjamin serta perangkat keras yang mampu mendukung beban kerja yang semakin kompleks merupakan muara dari pemutakhiran tersebut. Namun pemutakhiran ini membutuhkan waktu karena kompleksitas sistem data yang disimpan.

Kelak, SIMKIM V2 akan terintegrasi sepenuhnya dengan data Catatan Sipil yang dimiliki Kemendagri, dapat diakses oleh Kementerian dan Lembaga lain yang membutuhkan, serta terintegrasi dengan sistem INTERPOL untuk memudahkan koordinasi keamanan internasional.

Masalah-masalah yang terjadi selama pemutakhiran menuju SIMKIM V2 seperti kode permohonan yang terlambat terbit dan gangguan pencetakan paspor diharapkan selesai ketika pemutakhiran dituntaskan pada bulan Oktober 2019.


Leave a Reply