Upacara Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019

Selamat siang sobat Mido!

Pada hari pertama bulan Oktober ini, Kantor Imigrasi Surakarta melaksanakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10). Upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan pelaksanaan amanat Keputusan Presiden No. 153 Th. 1967, yang diantaranya memutuskan bahwa tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia secara khidmat dan tertib.

Dalam upacara yang mengusung tema “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa menuju Indonesia Maju dan Bahagia” ini, Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, Hendro Widhiatmoko menjadi Inspektur Upacara.

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta bagi para pahlawan yang telah gugur terutama para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam Peristiwa Gerakan 30 September. Dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Ikrar oleh petugas, lalu ditutup dengan pembacaan doa. Upacara kali ini tidak melaksanakan pembacaan amanat atas instruksi dalam pedoman upacara tingkat nasional yang disusun oleh Sekretariat Jenderal Kemenkumham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *