Siapkan Pelayanan Paspor Jemaah Haji, Imigrasi Surakarta Gelar Sosialisasi

Setiap tahunnya, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta yang memiliki embarkasi jamaah haji di wilayahnya akan memberangkatkan ribuan jemaah Haji menuju Tanah Suci.

Proses pemberangkatan yang dikawal Kantor Imigrasi Surakarta tidaklah sederhana. Mulai dari persiapan, pemberangkatan, hingga pemulangan semuanya memiliki prosesnya masing-masing.

Proses persiapan salah satunya adalah penerbitan paspor bagi calon jemaah haji. Kantor Imigrasi Surakarta memiliki tanggung jawab untuk memastikan penerbitan paspor calhaj di wilayah kerjanya berlangsung lancar. Oleh karena itu, selama 2 hari yaitu Rabu-Kamis (15-16/1), Kantor Imigrasi Surakarta bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, serta Sragen menggelar Sosialisasi Tata Cara dan Persyaratan Permohonan Paspor Calon Jemaah Haji.

Para pegawai dibagi dalam 6 tim berbeda untuk melaksanakan paparan dan sesi tanya jawab agar pihak-pihak yang diundang dapat memahami secara jelas proses penerbitan paspor bagi calon jemaah haji. Mereka adalah perwakilan Pemerintah Daerah, Dinas Catatan Sipil, Kantor Kemenag, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Kantor Urusan Agama, dan Badan Penyelenggara Ibadah Haji. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan di Aula gedung Kantor Kementerian Agama setempat.

Untuk meningkatkan pemahaman, berbagai hal disampaikan dalam pemaparan. Mulai dari dokumen persyaratan paspor, permasalahan yang timbul, hingga saran yang diberikan agar pelaksanaan berjalan lancar. Sesi tanya jawab juga menjadi sarana diskusi lintas sektor dari para undangan yang hadir sehingga memperkaya pengetahuan para pemangku kepentingan yang hadir di sosialisasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *