Pada 3 hari berbeda yaitu Kamis (18/7), Selasa (23/7) dan Kamis (25/7), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta kembali menyebarkan informasi keimigrasian ke sekolah-sekolah dengan tajuk “Immigration Goes to School”. Tiga sekolah menengah atas (SMA) mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah kegiatan penyebaran informasi ini. Immigration Goes to School di SMA 1 Karanganyar, SMA 1 Boyolali, dan SMA Batik 1 Surakarta diselenggarakan secara berurutan pada tiga hari berbeda tersebut.


Selama ketiga hari pelaksanaan, Imigrasi Surakarta menerjunkan seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian yang dipimpin oleh Kepala Seksi Ramilah Hanum. Sebagaimana pelaksanaan sebelumnya, materi yang diberikan masih tentang seluk beluk Keimigrasian, mulai dari sejarah Imigrasi, tugas dan wewenang imigrasi, inovasi layanan keimigrasian, serta cara dan persyaratan pembuatan paspor.


Namun ada hal yang berbeda dalam pelaksanaan Immigration Goes to School kali ini. Kehadiran para Taruna-Taruni tingkat 3 Politeknik Imigrasi (Poltekim) yang sedang melakukan praktek kerja di Kantor Imigrasi Surakarta. Sebanyak 4 orang taruna dan 2 orang Taruni turut serta dalam kegiatan ini dan mempromosikan Poltekim dalam rangka meningkatkan pengetahuan terhadap sekolah kedinasan tempat mereka belajar.


Dalam kegiatan promosi tersebut, mereka menginformasikan segala hal mengenai Poltekim mulai dari syarat pendaftaran, rangkaian tes masuk, hingga kegiatan yang dijalani sehari-hari ketika telah menjadi Taruna. Promosi disambut dengan antusias oleh para siswa terutama kelas 12 yang akan melanjutkan pendidikan. Sejumlah pertanyaan diajukan misalnya tentang biaya pendidikan hingga bahasa asing apa yang dipelajari. Seluruh peserta yang bertanya mendapatkan cinderamata kenang-kenangan dari Kantor Imigrasi Surakarta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *