Surakarta – Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Oleh karena itu diperlukan suatu wadah untuk mengkomunikasikan dugaan pelanggaran HAM yang terjadi dalam proses pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan Komunikasi Masyarakat, yang selanjutnya disebut Yankomas, adalah pemberian layanan terhadap masyarakat tentang adanya permasalahan hak asasi manusia yang dikomunikasikan maupun yang tidak/belum dikomunikasikan. Yankomas sebagaimana diatur dalam Permenkumham No. 32 tahun 2016 tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat terhadap Permasalahan HAM merupakan bentuk respon Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam mewujudkan wadah komunikasi masyarakat terhadap permasalahan HAM di setiap Unit Pelaksana Teknis.

Pada Rabu (17/06), Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Said Ismail, beserta para pejabat struktural mengikuti Sosialisasi Pelayanan Komunikasi Masyarakat yang melalui video teleconference  yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah pada pukul 13.00 WIB.

Materi disampaikan oleh dua orang narasumber yaitu Bambang Setyabudi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, serta Tri Junianto, Kepala Subbidang Pemajuan HAM. Kedua narasumber memberikan penjelasan mengenai HAM secara umum, mekanisme serta alur pelaksanaan Yankomas, dan proses pengaduan dugaan pelanggaran HAM melalui www.simasham.kemenkumham.go.id.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *