Perlahan tapi pasti, teknologi terus membantu manusia untuk tetap menjalankan aktivitas normalnya di tengah pandemi. Kini, upacara sekalipun dapat berlangsung secara virtual dengan partisipasi seluruh negeri tanpa perlu berkumpul dan turut serta mencegah penularan Covid-19.

Senin (1/6), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari lokasinya masing-masing. Seluruh pegawai termasuk Kepala Kantor, Said Ismail, mengikuti secara khidmat baik melalui media TV maupun aliran langsung (live streaming) di Youtube.

Para pegawai menyimak jalannya upacara dari rumah dengan mengenakan pakaian PDH II. Salah satu pegawai bahkan mengikuti dari rumah sakit karena menjaga istrinya yang melahirkan sehari sebelumnya. Upacara dimulai pukul 08.00 dan berlangsung singkat selama 30 menit.

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah hal. Mulai dari mengajak seluruh penyelenggara negara untuk berpihak kepada masyarakat yang mengalami kesulitan hingga meminta penyelenggara negara untuk melayani masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan.

Upacara didahului pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo, serta pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR, Puan Maharani. Setelah amanat inspektur, upacara dilanjutkan sambutan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, serta pembacaan doa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *