WARGA NEGARA INDONESIA

(Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 8 Tahun 2014 Tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan Fotocopy dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP )
    2. Kartu Keluarga ( KK ) yang sudah ditanda tangan oleh kepala keluarga
    3. Akte Lahir / Ijazah / Surat Nikah ( Harus memuat keterangan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Nama Orang Tua. Apabila tidak memuat keterangan tersebut, lampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang )
  1. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui kewarganegaraan atau penyampaian atau pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai ketentuan perundang-undangan;
  2. Penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah ganti nama;
  3. Melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian apabila paspor lama hilang;
  4. Bagi yang bertujuan untuk Umroh / Haji, melampirkan surat rekomendasi Umroh/Haji dari Kementerian Agama dan surat rekomendasi dari biro umroh;
  5. Bagi yang bertujuan untuk bekerja, melampirkan surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat, BNP3TKI atau Ditjen BINALATTAS. Lampirkan buku pelaut untuk tujuan bekerja diatas alat angkut (kapal laut);
  • PENGGANTIAN PASPOR

(Sesuai dengan surat edaran Menteri Hukum dan HAM nomor : M.HH-07.UM.01.01 Tahun 2017)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan Fotocopy dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP )
    2. Paspor Lama diterbitkan setelah Tahun 2009 dan diterbitakan di Kantor Imigrasi di Indonesia
  • UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR DAN MASIH DALAM TANGGUNGAN ORANG TUA

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan Fotocopy dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    1. Akte Lahir
    2. KTP Orang Tua
    3. Kartu Keluarga ( KK )
    4. Surat Nikah Orang Tua
  3. Paspor lama bagi yang telah memiliki paspor;
  4. Surat Pernyataan Orang Tua yang ditanda tangi oleh kedua Orang Tua bermaterai Rp.6000;
  5. Paspor kedua orang tua bagi yang telah memiliki paspor;

CATATAN :

  1. Seluruh lampiran tersebut difotocopy dalam kertas ukuran A4 dan tidak dipotong biarkan lampiran dalam lembaran untuk dapat dimasukkan kedalam mesin scan;
  2. Berkas persyaratan asli harus dibawa;
  3. Seluruh data dukung harus sinkron (nama, tempat tanggal lahir, alamat);
  4. Apabila dalam proses wawancara ditemukan keraguan informasi, petugas berhak meminta persyaratan pendukung

Paspor Baru :

  1. Mengambil nomor antrian Customer Service yang dimulai pukul 07.30 – 10.00 WIB untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan dan pemberian Formulir ( Perdim 11 ) dan map, setelah berkas anda dinyatakan lengkap, akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses di ruang booth “one stop service”;
  2. Setelah nomor anda dipanggil silahkan masuk ke ruang booth “one stop service” untuk dilakukan input data, foto biometrik, sidik jari, dan wawancara;
  3. Setelah proses di booth selesai anda akan diberikan tanda terima permohonan untuk proses pembayaran di Bank / ATM Bank persepsi dan jadwal pengambilan paspor yang telah selesai;
  4. Pengambilan paspor akan dilayani mulai pukul 10.00 WIB dengan membawa tenda terima permohonan paspor dan bukti pembayaran di Bank / ATM Bank Persepsi.

Paspor hilang / rusak :

  1. Pemohon langsung menuju Seksi Wasdakim untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan, setelah dinyatakan lengkap, akan diberikan jadwal kembali untuk melakukan proses BAP.
  2. Setelah dilakukan proses BAP dan telah diberikan Surat Persetujuan oleh Kepala Kantor Imigrasi, akan diberikan jadwal kembali untuk melakukan proses selanjutnya;
  3. Mengambil nomor antrian Customer Service yang dimulai pukul 07.30 – 10.00 WIB untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan dan pemberian Formulir ( Perdim 11 ) dan map, setelah berkas anda dinyatakan lengkap, akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses di ruang booth “one stop service”;
  4. Setelah nomor anda dipanggil silahkan masuk ke ruang booth “one stop service” untuk dilakukan input data, foto biometrik, sidik jari, dan wawancara;
  5. Setelah proses di booth selesai anda akan diberikan tanda terima permohonan untuk proses pembayaran di Bank / ATM Bank persepsi dan jadwal pengambilan paspor yang telah selesai;
  6. Pengambilan paspor akan dilayani mulai pukul 10.00 WIB dengan membawa tenda terima permohonan paspor dan bukti pembayaran di Bank / ATM Bank Persepsi.

Biaya pembuatan paspor sesuai dengan : Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia :

1 Paspor biasa 48 halaman Per Buku Rp 355.000,-
2 Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Per Buku Rp 655.000,-
3 Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang telah habis berlaku Per Buku Rp 355.000,-
4 Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku Rp 355.000,-
5 Paspor biasa 24 halaman Per Buku Rp 155.000,-
6 Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Per Buku Rp 255.000,-
7 Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang telah habis berlaku Per Buku Rp 155.000,-
8 Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku Rp 155.000,-
Catatan: Biaya sudah termasuk Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Per Orang Rp 55.000,-

File Download

Surat Pernyataan Orang Tua