WARGA NEGARA INDONESIA

(Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 8 Tahun 2014 Tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan Fotocopy dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP )
    2. Kartu Keluarga ( KK ) yang sudah ditanda tangan oleh kepala keluarga
    3. Akte Lahir / Ijazah / Surat Nikah ( Harus memuat keterangan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Nama Orang Tua. Apabila tidak memuat keterangan tersebut, lampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang )
  1. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui kewarganegaraan atau penyampaian atau pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai ketentuan perundang-undangan;
  2. Penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah ganti nama;
  3. Melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian apabila paspor lama hilang;
  4. Bagi yang bertujuan untuk Umroh / Haji, melampirkan surat rekomendasi Umroh/Haji dari Kementerian Agama dan surat rekomendasi dari biro umroh;
  5. Bagi yang bertujuan untuk bekerja, melampirkan surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat, BNP3TKI atau Ditjen BINALATTAS. Lampirkan buku pelaut untuk tujuan bekerja diatas alat angkut (kapal laut);
  • PENGGANTIAN PASPOR

(Sesuai dengan surat edaran Menteri Hukum dan HAM nomor : M.HH-07.UM.01.01 Tahun 2017)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan Fotocopy dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP )
    2. Paspor Lama diterbitkan setelah Tahun 2009 dan diterbitakan di Kantor Imigrasi di Indonesia
  • UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR DAN MASIH DALAM TANGGUNGAN ORANG TUA

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan Fotocopy dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    1. Akte Lahir
    2. KTP Orang Tua
    3. Kartu Keluarga ( KK )
    4. Surat Nikah Orang Tua
  3. Paspor lama bagi yang telah memiliki paspor;
  4. Surat Pernyataan Orang Tua yang ditanda tangi oleh kedua Orang Tua bermaterai Rp.6000;
  5. Paspor kedua orang tua bagi yang telah memiliki paspor;

CATATAN :

  1. Seluruh lampiran tersebut difotocopy dalam kertas ukuran A4 dan tidak dipotong biarkan lampiran dalam lembaran untuk dapat dimasukkan kedalam mesin scan;
  2. Berkas persyaratan asli harus dibawa;
  3. Seluruh data dukung harus sinkron (nama, tempat tanggal lahir, alamat);
  4. Apabila dalam proses wawancara ditemukan keraguan informasi, petugas berhak meminta persyaratan pendukung

Paspor Baru :

  1. Mengambil nomor antrian Customer Service yang dimulai pukul 07.30 – 10.00 WIB untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan dan pemberian Formulir ( Perdim 11 ) dan map, setelah berkas anda dinyatakan lengkap, akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses di ruang booth “one stop service”;
  2. Setelah nomor anda dipanggil silahkan masuk ke ruang booth “one stop service” untuk dilakukan input data, foto biometrik, sidik jari, dan wawancara;
  3. Setelah proses di booth selesai anda akan diberikan tanda terima permohonan untuk proses pembayaran di Bank / ATM Bank persepsi dan jadwal pengambilan paspor yang telah selesai;
  4. Pengambilan paspor akan dilayani mulai pukul 10.00 WIB dengan membawa tenda terima permohonan paspor dan bukti pembayaran di Bank / ATM Bank Persepsi.

Paspor hilang / rusak :

  1. Pemohon langsung menuju Seksi Wasdakim untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan, setelah dinyatakan lengkap, akan diberikan jadwal kembali untuk melakukan proses BAP.
  2. Setelah dilakukan proses BAP dan telah diberikan Surat Persetujuan oleh Kepala Kantor Imigrasi, akan diberikan jadwal kembali untuk melakukan proses selanjutnya;
  3. Mengambil nomor antrian Customer Service yang dimulai pukul 07.30 – 10.00 WIB untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan dan pemberian Formulir ( Perdim 11 ) dan map, setelah berkas anda dinyatakan lengkap, akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses di ruang booth “one stop service”;
  4. Setelah nomor anda dipanggil silahkan masuk ke ruang booth “one stop service” untuk dilakukan input data, foto biometrik, sidik jari, dan wawancara;
  5. Setelah proses di booth selesai anda akan diberikan tanda terima permohonan untuk proses pembayaran di Bank / ATM Bank persepsi dan jadwal pengambilan paspor yang telah selesai;
  6. Pengambilan paspor akan dilayani mulai pukul 10.00 WIB dengan membawa tenda terima permohonan paspor dan bukti pembayaran di Bank / ATM Bank Persepsi.

Biaya pembuatan paspor sesuai dengan : Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia :

1 Paspor biasa 48 halaman Per Buku Rp 355.000,-
2 Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Per Buku Rp 655.000,-
3 Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang telah habis berlaku Per Buku Rp 355.000,-
4 Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku Rp 355.000,-
5 Paspor biasa 24 halaman Per Buku Rp 155.000,-
6 Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Per Buku Rp 255.000,-
7 Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang telah habis berlaku Per Buku Rp 155.000,-
8 Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku Rp 155.000,-
Catatan: Biaya sudah termasuk Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Per Orang Rp 55.000,-

Pertanyaan Anda

Jam kerja Kantor Imigrasi Surakarta adalah
Senin s.d Kamis pkl. 07.30-16.00 (istirahat 12.00-13.00)
Jumat pkl. 07.30-16.30 (istirahat 11.30-13.00)
hari sabtu libur.
saat ini kantor imigrasi Surakarta memberlakukan antrian paspor online. silakan anda mengakses laman https://antrian.imigrasi.go.id atau download aplikasi Antrian Paspor melalui perangkat android anda.
Pastikan telah melakukan pendaftaran dengan email yang aktif dan pendafaran dinyatakan berhasil (menunggu proses verifikasi). Silahkan membuka folder inbox atau spam pada email yang didaftarkan. Jika setelah 1x24 jam tidak dikirim verifikasi silahkan untuk masuk ke aplikasi dengan menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan.
Hal tersebut karena ada orang lain dengan nama yang sama dan menggunakan sebagai username antrian paspor online, silahkan dapat saudara tambahkan kode pembeda (bisa berupa angka maupun huruf).
Syarat untuk penambahan nama adalah :
1. Paspor asli yang masih berlaku
2. Fotokopi paspor yang masih berlaku (1 lembar).
3. Fotokopi E-KTP. (membawa aslinya)
4. Fotokopi Kartu Keluarga terbaru. (membawa aslinya)
5. Fotokopi Ijazah/ Akta lahir/ Buku nikah. (membawa aslinya)
6. Surat rekomendasi dari Travel Umroh/Haji yang menyatakan bahwa memang benar jika Saudara adalah jemaahnya yang akan berangkat di tanggal tertentu.
7. Formulir surat permohonan penambahan nama dengan meterai.
Pengajuan tambah nama tidak perlu dengan antrian online, pemohon langsung datang dengan membawa persyaratan tersebut ke petugas CS.
Saudara datang membawa berkas persyaratan pembuatan paspor, asli dan fotokopi ke kantor imigrasi Surakarta sesuai dengan jadwal yang telah anda tentukan (tunjukkan barcode tsb pada petugas CS). Petugas akan mengarahkan saudara ke petugas pengambil biometric, foto dan wawancara. apabila permohonan anda dinyatakan lengkap dan sesuai oleh petugas wawancara, maka anda akan mendapat tanda bukti pembayaran ke bank. Pembayaran dapat dilakukan di semua bank. paspor bisa diambil sekitar 3 hari kerja setelah anda melakukan pembayaran.
Syarat pembuatan paspor adalah E-KTP, kartu keluarga dan akta lahir / ijasah / Buku Nikah.
Apabila permohonan pembuatan paspor saudara dikabulkan, paspor saudara dapat diambil 3 hari kerja setelah saudara melakukan pembayaran.
Sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-1029 perihal penegasan Prosedur Pelaksanaan Pencegahan TKI Non Prosedural. Syarat pembuatan paspor untuk umroh adalah E-KTP, kartu keluarga dan akta lahir / ijasah / surat nikah, ditambahkan lampirkan surat rekomendasi umroh kemenag dan surat rekomendasi dari biro umroh.
Sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-1029 perihal penegasan Prosedur Pelaksanaan Pencegahan TKI Non Prosedural. Syarat pembuatan paspor untuk bekerja atau magang adalah E-KTP, kartu keluarga dan akta lahir / ijasah / surat nikah, ditambahkan lampiran surat rekomendasi dari Disnaker.
Syarat pembuatan paspor untuk anak dibawah umur adalah Akta Lahir, KTP orang tua, Kartu Keluarga, Surat Nikah Orang Tua, surat pernyataan orangtua (disediakan di kanim) dan paspor kedua orangtua bagi yang telah memiliki paspor.
Paspor yang sudah selesai di proses dapat diambil oleh :
1. Pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran dan bukti identitas yang sah.
2. Keluarga pemohon, dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, fotokopi KK, dan kartu identitas Pengambil yang sah.
3. Orang lain yang tidak memiliki hubungan hukum kekeluargaan dengan pemohon, dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, surat kuasa (bermaterai), dan identitas pengambil yang sah
Bisa, silahkan mendaftar pada antrian online memilih kantor imigrasi kelas I Surakarta dan saudara menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. terimakasih
perihal penggantian paspor hilang, syarat yang dibutuhkan yaitu KTP, KK, Akta Lahir, dan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.
selanjutnya anda datang ke Kantor Imigrasi pada Seksi Wasdakim untuk dilakukan BAP, setelah proses BAP di wasdakim akan terbit keputusan perihal permohonan penggantian paspor saudara.
Biaya pembuatan paspor sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2014 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia :
1. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 200.000,-
2. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 100.000,-
3. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 600.000,-
4. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 300.000,-
5. Masing-masing akan ditambahkan biaya Jasa Penggunaan Teknologi Sistem Penerbitan Paspor berbasis Biometrik Rp. 55.000,-

File Download

Surat Pernyataan Orang Tua