INFORMASI PASPOR

CATATAN :

  1. Seluruh lampiran di bawah ini difotokopi dan diperbesar dalam kertas ukuran A4 dan tidak dipotong, biarkan lampiran dalam lembaran untuk dapat dimasukkan kedalam mesin pindai;
  2. Berkas persyaratan asli harus dibawa;
  3. Seluruh data dukung harus sinkron (nama [termasuk spasi], tempat/tanggal lahir, alamat, dan profesi);
  4. Apabila dalam proses wawancara ditemukan keraguan informasi, petugas berhak meminta persyaratan pendukung
  • PERSYARATAN PEMBUATAN PASPOR BARU (BIASA DAN E-PASPOR)

(Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 8 Tahun 2014 Tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor)

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan fotokopi dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    • Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP )
    • Kartu Keluarga ( KK ) yang sudah ditanda tangan oleh kepala keluarga
    • Akte Lahir / Ijazah / Surat Nikah ( Harus memuat keterangan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Nama Orang Tua. Apabila tidak memuat keterangan tersebut, lampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang )
  1. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui kewarganegaraan atau penyampaian atau pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai ketentuan perundang-undangan;
  2. Penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah ganti nama;
  3. Melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian apabila paspor lama hilang;
  4. Bagi yang bertujuan untuk Umroh / Haji, melampirkan surat rekomendasi Umroh/Haji dari Kementerian Agama dan surat rekomendasi dari biro umroh;
  5. Bagi yang bertujuan untuk bekerja, melampirkan surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat, BNP3TKI atau Ditjen BINALATTAS. Lampirkan buku pelaut dan BST untuk tujuan bekerja diatas alat angkut (kapal laut);
  • PENGGANTIAN PASPOR (KARENA HABIS MASA BERLAKU/HALAMAN PENUH/E-PASPOR)

(Sesuai dengan surat edaran Menteri Hukum dan HAM nomor : M.HH-07.UM.01.01 Tahun 2017)

Catatan : untuk penggantian paspor bagi anak di bawah umur, melampirkan persyaratan lengkap sebagaimana tertera di halaman ini

  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan fotokopi dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    • Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP )
    • Paspor Lama yang diterbitkan setelah Tahun 2009 dan diterbitkan di Kantor Imigrasi di Indonesia
  3. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui kewarganegaraan atau penyampaian atau pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai ketentuan perundang-undangan;
  4. Penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah ganti nama;
  5. Melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian apabila paspor lama hilang;
  6. Bagi yang bertujuan untuk Umroh / Haji, melampirkan surat rekomendasi Umroh/Haji dari Kementerian Agama dan surat rekomendasi dari biro umroh;
  7. Bagi yang bertujuan untuk bekerja, melampirkan surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat, BNP3TKI atau Ditjen BINALATTAS. Lampirkan buku pelaut dan BST untuk tujuan bekerja diatas alat angkut (kapal laut);
  • UNTUK ANAK DI BAWAH UMUR DAN MASIH DALAM TANGGUNGAN ORANG TUA 

  • (Paspor Baru dan Penggantian Paspor Lama/Habis Berlaku/Halaman Penuh/E-Paspor)
  1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11 yang didapat di Kantor Imigrasi);
  2. Melampirkan fotokopi dan berkas asli identitas diri, antara lain:
    • Akte Lahir
    • KTP Orang Tua
    • Kartu Keluarga ( KK )
    • Surat Nikah Orang Tua
    • Paspor lama bagi yang telah memiliki paspor;
    • Surat Pernyataan Orang Tua (klik untuk mengunduh) yang ditandatangani oleh kedua Orang Tua bermaterai Rp.6000;
    • Paspor kedua orang tua bagi yang telah memiliki paspor;

Paspor Baru/Penggantian Paspor Habis Berlaku/Halaman Penuh/E-Paspor :

  1. Melakukan pengambilan antrian online  melalui aplikasi Android "Layanan Paspor Online" atau melalui tautan http://antrian.imigrasi.go.id .
    (Cek langkahnya di sini dan sini). Ikuti prosedur yang telah ditetapkan di aplikasi/tautan tersebut.
  2. Datang ke kantor imigrasi dan mengambil nomor antrian di Customer Service  15 menit sebelum waktu antrian yang ditentukan Antrian Online untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan dan pemberian Formulir (Perdim 11) serta map. Jika tidak bisa datang sesuai jadwal (selama masih dalam hari yang sama) tetap bisa dilayani maksimal pukul 15.00.
    Setelah berkas anda dinyatakan lengkap, akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses di ruang booth “one stop service”;
  3. Setelah nomor anda dipanggil silahkan masuk ke ruang boothone stop service” untuk dilakukan input data, foto biometrik, sidik jari, dan wawancara;
  4. Setelah proses di booth selesai anda akan diberikan tanda terima permohonan untuk proses pembayaran di Bank / ATM Bank persepsi dan jadwal pengambilan paspor yang telah selesai;
  5. Pengambilan paspor akan dilayani pukul 08.00-15.00 WIB dengan membawa tanda terima permohonan paspor dan bukti pembayaran di Bank / ATM Bank Persepsi.
  6. Paspor biasa yang telah selesai dapat diambil oleh:
    1. pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran dan bukti
      identitas yang sah;
    2. orang lain yang memiliki hubungan hukum kekeluargaan dengan pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, fotokopi
      kartu keluarga, dan kartu identitas pengambil yang sah; atau
    3. orang lain yang tidak memiliki hubungan hukum kekeluargaan dengan Pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, surat kuasa, dan identitas pengambil yang sah.

NB : demi keamanan paspor, 1 (satu) surat kuasa hanya bisa digunakan oleh 1 (satu) orang untuk mengambil maksimal 1 paspor. Jika paspor yang diambil lebih dari 1 (satu) maka harus ada lebih dari 1 (satu) orang dan surat kuasa untuk mengambil paspornya.

Contohnya, apabila ada 3 (tiga) paspor yang diambil maka harus ada 3 (tiga) orang yang mengambil dengan 3 (tiga) surat kuasa berbeda.

Paspor hilang / rusak / beda data :

( informasi hubungi : 082339822081 [layanan BAP] )

  1. Pemohon langsung menuju Seksi Inteldakim untuk pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan, setelah dinyatakan lengkap, akan diberikan jadwal kembali untuk melakukan proses BAP.
  2. Setelah dilakukan proses BAP dan telah diberikan Surat Persetujuan oleh Kepala Kantor Imigrasi, akan diarahkan untuk proses pembuatan paspor;
  3. Melakukan proses pembuatan pasopr baru dengan pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan dan pemberian Formulir (Perdim 11) dan map, setelah berkas anda dinyatakan lengkap, akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses di ruang booth “one stop service”;
  4. Setelah nomor anda dipanggil silahkan masuk ke ruang booth “one stop service” untuk dilakukan input data, foto biometrik, sidik jari, dan wawancara;
  5. Setelah proses di booth selesai anda akan diberikan tanda terima permohonan untuk proses pembayaran di Bank / ATM Bank persepsi dan jadwal pengambilan paspor yang telah selesai;
  6. Pengambilan paspor akan dilayani pukul 08.00-15.00 WIB dengan membawa tenda terima permohonan paspor dan bukti pembayaran di Bank / ATM Bank Persepsi.

Biaya pembuatan paspor sesuai dengan : Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia :

1 Paspor biasa 48 halaman Per Buku Rp 350.000,-
2 Biaya Beban Paspor Rusak Per Permohonan Rp 500.000,-
3 Biaya Beban Paspor Hilang Per Permohonan Rp 1.000.000,-
4 Paspor Elektronik 48 halaman Per Permohonan Rp 650.000
- - - -
- - - -
- - - -
- - - -
- - - -

SARANA PEMBAYARAN

-Kantor Pos (tersedia mobil kantor pos di halaman parkir Kantor Imigrasi Surakarta di Colomadu)

-Teller Bank (hampir semua bank sudah melayani pembayaran PNBP Paspor)

-ATM : https://surakarta.imigrasi.go.id/2019/07/12/bayar-paspor-atau-izin-tinggal-di-atm-ini-caranya/

-Marketplace (Bukalapak/Tokopedia) : https://surakarta.imigrasi.go.id/2019/09/04/bayar-paspor-atau-izin-tinggal-lewat-marketplace-bisa/

Pertanyaan Anda

Jam kerja Kantor Imigrasi Surakarta adalah
Senin s.d Kamis pkl. 07.30-16.00 (istirahat 12.00-13.00)
Jumat pkl. 07.30-16.30 (istirahat 11.30-13.00)
hari sabtu libur.
saat ini kantor imigrasi Surakarta memberlakukan antrian paspor online. silakan anda mengakses laman https://antrian.imigrasi.go.id atau download aplikasi Antrian Paspor melalui perangkat android anda.
Tidak apa-apa, pemilihan tersebut bukanlah masalah, silahkan tetap datang sesuai jadwal dan jangan melakukan pembatalan permohonan
Hal tersebut karena ada orang lain dengan nama yang sama dan menggunakan sebagai username antrian paspor online, silahkan dapat saudara tambahkan kode pembeda (bisa berupa angka maupun huruf).
Syarat untuk penambahan nama adalah :
1. Paspor asli yang masih berlaku
2. Fotokopi paspor yang masih berlaku (1 lembar).
3. Fotokopi E-KTP. (membawa aslinya)
4. Fotokopi Kartu Keluarga terbaru. (membawa aslinya)
5. Fotokopi Ijazah/ Akta lahir/ Buku nikah. (membawa aslinya)
6. Surat rekomendasi dari Travel Umroh/Haji yang menyatakan bahwa memang benar jika Saudara adalah jemaahnya yang akan berangkat di tanggal tertentu.
7. Formulir surat permohonan penambahan nama dengan meterai.
Pengajuan tambah nama tidak perlu dengan antrian online, pemohon langsung datang dengan membawa persyaratan tersebut ke petugas CS.
Saudara datang membawa berkas persyaratan pembuatan paspor, asli dan fotokopi ke kantor imigrasi Surakarta sesuai dengan jadwal yang telah anda tentukan (tunjukkan barcode tsb pada petugas CS). Petugas akan mengarahkan saudara ke petugas pengambil biometric, foto dan wawancara. apabila permohonan anda dinyatakan lengkap dan sesuai oleh petugas wawancara, maka anda akan mendapat tanda bukti pembayaran ke bank. Pembayaran dapat dilakukan di semua bank. paspor bisa diambil sekitar 3 hari kerja setelah anda melakukan pembayaran.
Syarat pembuatan paspor adalah E-KTP, kartu keluarga dan akta lahir / ijasah / Buku Nikah.
Apabila permohonan pembuatan paspor saudara dikabulkan, paspor saudara dapat diambil 3 hari kerja setelah saudara melakukan pembayaran.
Sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-1029 perihal penegasan Prosedur Pelaksanaan Pencegahan TKI Non Prosedural. Syarat pembuatan paspor untuk umroh adalah E-KTP, kartu keluarga dan akta lahir / ijasah / surat nikah, ditambahkan lampirkan surat rekomendasi umroh kemenag dan surat rekomendasi dari biro umroh.
Sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-1029 perihal penegasan Prosedur Pelaksanaan Pencegahan TKI Non Prosedural. Syarat pembuatan paspor untuk bekerja atau magang adalah E-KTP, kartu keluarga dan akta lahir / ijasah / surat nikah, ditambahkan lampiran surat rekomendasi dari Disnaker.
Syarat pembuatan paspor untuk anak dibawah umur adalah Akta Lahir, KTP orang tua, Kartu Keluarga, Surat Nikah Orang Tua, surat pernyataan orangtua (disediakan di kanim) dan paspor kedua orangtua bagi yang telah memiliki paspor.
Paspor yang sudah selesai di proses dapat diambil oleh :
1. Pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran dan bukti identitas yang sah.
2. Keluarga pemohon, dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, fotokopi KK, dan kartu identitas Pengambil yang sah.
3. Orang lain yang tidak memiliki hubungan hukum kekeluargaan dengan pemohon, dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, surat kuasa (bermaterai), dan identitas pengambil yang sah
Bisa, silahkan mendaftar pada antrian online memilih kantor imigrasi kelas I Surakarta dan saudara menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. terimakasih
perihal penggantian paspor hilang, syarat yang dibutuhkan yaitu KTP, KK, Akta Lahir, dan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.
selanjutnya anda datang ke Kantor Imigrasi pada Seksi Wasdakim untuk dilakukan BAP, setelah proses BAP di wasdakim akan terbit keputusan perihal permohonan penggantian paspor saudara.

File Download

Surat Pernyataan Orang Tua


SELAMAT DATANG DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI SURAKARTA

(klik di mana saja untuk menutup)

Sesuai dengan Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-GR.01.01-2114 Tahun 2020 tentang Pembatasan Layanan Keimigrasian dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Lingkungan Kantor Imigrasi,

Maka terhitung mulai tanggal 24 Maret 2020, Layanan Paspor di Kantor Imigrasi Surakarta di Colomadu dan Unit Layanan Paspor (ULP) Surakarta di Solo Baru mengalami PEMBATASAN SEMENTARA hingga waktu yang belum ditentukan.

Kantor Imigrasi Surakarta tetap buka namun HANYA MELAYANI PERMOHONAN PASPOR YANG BERSIFAT DARURAT, PENGAMBILAN PASPOR SELESAI, DAN PELAYANAN UNTUK WARGA NEGARA ASING. Untuk ULP Surakarta, hanya melayani PENGAMBILAN PASPOR SELESAI.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi WA Imigrasi Surakarta (08112696999) atau Media Sosial @kanimsurakarta (Instagram dan Twitter) atau telepon ke 0271-718479 (hari kerja). Khusus informasi mengenai izin tinggal warga negara asing (WNA) dapat menghubungi helpdesk di 081231904277