Selasa (7/7), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta melaksanakan kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Sragen. Berlokasi di Ramayana Resto Sragen, acara tersebut dihadiri oleh Pemda, TNI, Polri, Bea Cukai, Kejaksaan, Pengadilan, dan Kecamatan.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan sambutan Kepala Kantor, Said Ismail. Kakanim menyampaikan bahwa Imigrasi memiliki leading sector untuk tetap wajib melaksanakan pelayanan di tengah situasi kondisi seperti saat ini, termasuk terkait orang asing. Selain itu, menjaga investasi nasional tanpa melupakan keamanan negara, pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Sragen perlu dilakukan. Rapat TIMPORA ini menjadi sarana untuk koordinasi lintas sektoral.

Paparan inti disampaikan oleh Kasi Inteldakim, Agung Nugroho. Pada paparan tersebut disampaikan mengenai pemahaman dasar terkait pengawasan orang asing hingga data orang asing yang tercatat di Kabupaten Sragen. Total ada 31 orang WNA dari berbagai negara yang berdomisili di Kabupaten Sragen dengan Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap.

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab sebanyak dua sesi. Berbagai perwakilan instansi seperti Kejaksaan, Satpol PP, Dinas Kesbangpol, Dinas Penanaman Modal, Koramil, dan Polsek saling mengajukan pertanyaan dan memberikan saran untuk peningkatan kualitas pengawasan orang asing di Kabupaten Sragen. Seperti usulan untuk pembentukan grup whatsapp dan pertukaran data orang asing antara Imigrasi dan instansi lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *