Selamat siang sobat Mido!

Untuk menuntaskan penyelenggaraan haji, Kantor Imigrasi Surakarta menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Embarkasi dan Debarkasi Haji 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Syariah Solo, Sukoharjo pada Rabu (18/8). Rapat ini bertujuan untuk memaparkan kinerja yang telah dicapai Kantor Imigrasi Surakarta sekaligus mengevaluasi pelaksanaan agar pelayanan haji di tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik.

Demi mendapatkan pandangan yang lebih menyeluruh, Imigrasi Surakarta mengundang seluruh pengampu kebijakan yang terlibat dalam pelaksanaan haji. Mulai dari Kementerian Agama seluruh Solo Raya, pihak maskapai penerbangan, serta pengelola bandara dan kedirgantaraan. Rapat dibuka langsung oleh Kepala Kantor, Said Ismail.

Rapat dimulai dengan pemaparan mengenai kinerja yang telah dilakukan Imigrasi Surakarta selama penyelenggaraan haji. Mulai dari proses embarkasi di Asrama Haji Donohudan dan Bandara Internasional Adi Sumarmo hingga proses pemulangan selama masa debarkasi. Sebanyak 34.760 jamaah telah berhasil diberangkatkan sedangkan 34.675 jamaah dipulangkan, sehingga total ada 68.435 orang yang melintas selama 2 bulan penyelenggaraan haji. Perbedaan jumlah jamaah saat berangkat dan pulang disebabkan oleh adanya jamaah yang meninggal dunia di Arab Saudi.

 

Dalam sesi diskusi, sejumlah pihak menyampaikan saran agar pelayanan dapat ditingkatkan. Misalnya perwakilan Kemenag Sukoharjo yang meminta agar proses perbaikan paspor yang terdapat kesalahan data agar dapat dilakukan di Embarkasi, bukan di kantor. Di sisi lain, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menanyakan terkait proses penanganan jamaah sakit yang dapat mengganggu proses keimigrasian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *